Minggu, 01 Mei 2011

5 Kapal Hantu Paling Terkenal di Dunia

1. The Flying Dutchman



Maritim cerita rakyat, tidak ada hantu kapal yang lebih terkenal daripada Flying Dutchman, yang telah mengilhami banyak lukisan, cerita horor, film, dan bahkan sebuah opera. Kapal pertama kali disebutkan pada akhir 1700-an pada buku pelaut Barrington's Voyage ke Botany Bay, dan sejak itu para legenda terus tumbuh, berkat berbagai penampakan itu oleh nelayan dan pelaut. Sebagai cerita, si Flying Dutchman adalah kapal keluar dari Amsterdam yang dikapteni oleh seorang pria bernama Van der Decken. Kapal itu membuat jalan menuju Hindia Timur ketika menghadapi cuaca yang berbahaya di dekat Tanjung Harapan.

Bertekad untuk melewatinya, Van der Decken yang kehilangan akal karena frustasi dalam badai akhirnya menjadi gila, membunuh pasangan yang pertama, dan bersumpah bahwa ia akan melintasi Cape, "Sampai kiamatpun akan bersumpah akan melewatinya!" segala usaha telah dikerahkan, namun akhirnya kapal tenggelam di badai, dan legendapun dimulai, Van der Decken dan kapal hantu sekarang dikutuk untuk berlayar lautan untuk selama-lamanya. Sampai hari ini, Flying Dutchman yang terus menjadi salah satu yang paling berpandangan dari semua kapal hantu, dan para nelayan setempat mengaku kepada Pangeran Wales telah melihat penampakan kapal hantu tersebut.

2. The Mary Celeste




Tidak diragukan lagi yang paling terkenal dari semua kehidupan nyata Kapal hantu, Mary Celeste adalah kapal dagang yang ditemukan tak berawak dan terapung-apung di Samudera Atlantik pada tahun 1872. Kapal itu dalam kondisi baik dan masih terapung, dengan layar masih membentang dan penuh makanan dalam kargo, tapi tak ada satu kehidupanpun ditemukan di kapal tersebut, seluruh kru, menghilang secara misterius.

Tidak ada tanda-tanda perlawan, dan barang-barang pribadi dari kru dan kargo dari lebih dari 1500 barel alkohol tak tersentuh, kemungkinan pembajakan sudah jelas tak mungkin karena barang berharga masih berada di tempatnya. sampai saat ini tak ada yang tahu apa sebenarnya yang terjadi di kapal tersebut. Namun, misteri seputar Mary Celeste telah menimbulkan banyak spekulasi liar, beberapa diantaranya berpikir bahwa mereka diculik oleh mahluk asing.

3. The Lady Lovibond


Inggris memiliki sejarah panjang tentang legenda hantu kapal, dan Lady Lovibond ini mungkin yang paling terkenal. dimana jalan ceritanya adalah kapal Lady Lovibond yang dikapteni oelh Simon Peel, baru saja menikah, dan memutuskan untuk berbulan madu di sebuah kapal pesiar. Dia membawa pengantin barunya sepanjang perjalanan menggunakan kapal pesiar namun nasib buruk menimpa mereka pada 13 Februari 1748. Sayangnya untuk Peel, temannya juga jatuh cinta dengan istri barunya, dan setelah menonton perayaan, orang tersebut mengarahkan kapal ke gugusan karang di laut. Lady Lovibond tenggelam, menewaskan semua penumpang. ceritapun berlanjut usai tenggelamnya kapal tersebut, beberapa kru kapal lain yang melintas di tempat tenggelamnya kapal itu beberapa tahun kemudian mengaku melihat secara jelas kapal tersebut berlayar tanpa ada awak.

penampakan terakhir yang dikonfirmasi di tahun 1998, dan terus menjadi salah legenda kapal hantu paling terkenal di Eropa.

4. The Joyita



The Joyita adalah seorang nelayan dan perahu sewaan yang ditemukan ditinggalkan di Pasifik Selatan pada tahun 1955. Kapal, bersama dengan 25 penumpang dan awak, sedang dalam perjalanan ke Kepulauan Tokelau ketika sesuatu terjadi, dan tidak sampai jam kemudian bahwa Joyita terlambat dilaporkan dan upaya penyelamatan diluncurkan. Sebuah pencarian udara besar-besaran dilakukan, tapi gagal menemukan kapal yang hilang, dan tidak sampai lima minggu kemudian bahwa kapal dagang tersebeut ditemukan hanyut sekitar 600 mil dari asal hilangnya.

Tidak ada tanda-tanda dari penumpang, kru, kargo, atau rakit penyelamat, dan kapal itu rusak dan diketahui terdapat lubang besar pada satu sisi kapal. Pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak yang berwenang menemukan bahwa radio kapal disetel untuk tanda bahaya, dan pencarian dari geladak menemukan tas dokter dan beberapa perban berdarah. Tak satu pun dari awak atau penumpang yang pernah terlihat lagi, dan misteri dari apa yang terjadi belum pernah terungkap. Teori yang paling populer adalah bahwa mereka dibunuh oleh para bajak laut kemudian para penumpang dilemparkan ke laut, akan tetapi penyelidikan lain menganggap itu adalah upaya untuk menipu asuransi.

5. The Octavius


Walaupun sekarang dianggap tak lebih dari sebuah legenda, cerita tentang Octavius tetap salah satu yang paling terkenal dari semua cerita kapal hantu. Cerita tanggal kembali ke 1775, ketika dikatakan bahwa sebuah kapal penangkap ikan paus yang bernama Herald sengaja menemukan Octavius mengambang tanpa tujuan di lepas pantai Greenland. kru dari Herald naik Octavius, di mana mereka menemukan tubuh para awak dan penumpang semua beku oleh dingin arktik.

yang paling mencengangkan adalah para kru menemukan kapten kapal masih duduk di mejanya, diketahui kapal tersebut mulai berlayar dari 1762, yang berarti Octavius telah terapung selama 13 tahun. dan jasad mereka tak ada yang tahu selama terapung di daerah kutub.
source: http://farizky234.blogspot.com/2011/02/5-kapal-hantu-paling-terkenal-di-dunia.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar